17 Sep 2012

Mudahkah Mengurus Pencairan Dana Jamsostek?

Hari ini akhirnya berangkat juga ke kantor Jamsostek di belakang ITC Depok untuk mengurus pencairan dana jaminan, setelah diundur2 sejak bbrp waktu lalu.. Kenapa diundur2? Karena yang kebayang di fikiran adalah: bakal makan waktu, ribet dan bikin puyeng.. Cuma krn dana yg ada lumayan bwt nambah2 isi tabungan,,, so berangkatlah bawa rombongan.. Aku, si ayah, kk kalya n baby afkar.. Nyampe di dpn ktr Jamsostek yg cm berupa ruko dah langsung males.. Krn di depan ruko keliatan motor parkir buanyaaakkk, trus samar2 keliatan bbrp orang berdiri di balik pintu kaca.. Hadeuh, bawa baby pula, klo padet besok2 aja deh, ksian baby afkar.. Akhrnya turunlah si ayah sorangan untuk ngecek TKP.. Ga lama ayah balik nyerahin berkas + nomer antrian, kt ayah "ga ngantri kok, masuk gih, di dalam ada kursi2 gitu buat nunggu". Akhirnya masuklah aq dan si kakak, ayah nunggu di mobil jagain afkar..

Di dalam, ada kursi antrian, mirip2 sama yg di bank2 itu.. Di depan berjejer 4 org CS.. Wah, ga ngantri gimana? Batinku pas ngeliat banyak org duduk manis di kursi2 yg disediain.. Pas udah duduk,,, baru deh ngeliat ke display nomer antrian di meja CS, dan ternyata benar, nomer ku D-083, sedang di salah 1 CS sekarang D-082... Ga lama nomerku dipanggil. (Kayanya, beda CS beda urusan, soalnya nomernya beda2 ga ngurut, jd yg antri banyak itu beda keperluannya sama aku)

Di meja CS, aq serahin berkas2 yg dperluin, berupa:
1. Kartu Jamsostek
2. KTP
3. KK
4. Surat keterangan dr perusahaan bahwa aq pernah bekerja dsana
5. Fotokopi rekening tabungan

Si CS memeriksa berkas2 trus nyuruh aku ngisi form pengajuan.. Agak nanya2 data sedikit, tanya2 juga dlu kerja di perusahaan yg bergerak di bidang apa dll.. Kayanya siy mau ngecek berkas2 itu asli apa ga.. Trus ada acara foto2 segala (tau gitu tadi dandan dulu :p ). Karena aku mau nya uang ditransfer ke rekening, jadinya uang bakal masuk ke rekening sekitar semingguan, klo mau cash bs keluar dlm 3hr..

Alhamdulillah, ternyata ngurus pencairan dana Jamsostek itu gampang banget n bisa dilakukan di mana aja, ga harus di tempat bukanya..


Wassalam,
Hany Krisnanti
0857-17554445
www.griyakaf.com

5 komentar:

  1. Makasih indonya. Langsung kesana nie hari ini... Izin share ya

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Alhamdulillah cepat mba.. tp itu udah lama, thn 2012, ga tau yg sekarang ya :)

      Hapus
  3. KK nya fotocopy atau aslinya mba?

    BalasHapus